EFEK PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PERIPHERAL / GAGDET



TEKNOLOGI PERIPHERAL adalah hardware tambahan yang disambungkan ke komputer, biasanya dengan menggunakan bantuan kabel ataupun wireless. Teknologi peripheral ini sendiri berfungsi untuk meningkatkan kinerja komputer menjadi lebih maksimal. Instalasi peripheral dapat dilakukan dengan dua cara yaitu, dengan instalasi fisik dan non-fisik. Instalasi fisik meliputi pemasangan perangkat peripheral ke komputer dengan menghubungkannya, sedangkan instalasi non-fisik meliputi instalasi driver yang dibutuhkan.

A. BERDASARKAN PENGELOMPOKAN TEKNOLOGI PERIPHERAL

1.           Berdasarkan Kegunaan

Berdasarkan kegunaannya, perangkat atau teknologi peripheral dibagi menjadi dua yaitu :

1.1         Peripheral Utama (Main Peripheral) yaitu jenis perangkat peripheral yang harus ada di sebuah komputer, karena keberadaannya sangat dibutuhkan dalam pengoperasian komputer. Contoh : monitor, keyboard, dan mouse, VGA Card, Sound Card.

1.2        Peripheral Pendukung (Auxilarry Peripheral) yaitu jenis perangkat peripheral yang tidak harus ada di sebuah komputer, karena keberadaanya lebih untuk menunjang kemudahan dalam pengoperasian komputer. Contoh : printer, modem, scanner, webcam, dll

2.            Berdasarkan Proses Kerja

Berdasarkan proses kerjanya, perangkat peripheral dibagi menjadi empat yaitu :

2.1         Peripheral Masukan (Input) adalah sebuah perangkat yang memungkinkan user untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer, atau juga bisa disebut sebagai unit luar yang digunakan untuk memasukkan data dari luar ke dalam mikroprosesor.

Contoh dari perangkat peripheral input yaitu :

-           Keyboard, adalah sebuah perangkat input yang digunakan untuk memasukkan huruf, angka, karakter khusus, serta sebagai media dalam  melakukan perintah-perintah dengan kombinasi keyboard.

Secara bentuk, dan tombol keyboard terbagi menjadi 7 jenis yaitu :

*  Keyboard QWERTY Tata letak keyboard ini ditemukan oleh Scholes pada tahun 1878. QWERTY diambil dari 6 huruf berurutan pada baris  kedua dari tombol alfanumerik tersebut. Keyboard QWERTY didesain sehingga key yang paling sering digunakan letaknya terpisah, sehingga meminimalkan kemacetan pada saat mengetik.

*  Keyboard DVORAK Ditemukan pada tahun 1932, dimana  penyusunan huruf disusun agar tangan kanan dibebani lebih banyak pekerjaan dibandingkan dengan tangan kiri. Sejumlah percobaan menunjukkan jika keyboard Dvorak 10-15 persen lebih efisien daripada QWERTY.

*  Keyboard KLOCKENBERG Keyboard ini merupakan penyempurna jenis keyboard sebelumnya dan disusun dengan memisahkan kedua bagian keyboard menjadi bagian kanan dan bagian kiri dengan sudut 15 derajat, serta dibuat miring ke bawah. Tata letak keyboard yang dibuat lebih dekat (tipis) dengan meja kerja dapat mengurangi beban otot pada jari jemari dan pergelangan tangan.

*  Keyboard Maltron dibuat agak cekung kedalam agar saat  mengetik, jari-jari  akan  membentuk  satu  garis lurus. Produsen keyboard Maltron berkeyakinan jika manusia pada dasarnya  hanya  menggunakan  8  jari  dari  10  jari.  Tetapi, dengan menggunakan keyboard Maltron dapat meningkatkan kecepatan  mengetik sebab  yang  digunakan  adalah 10 jari bukan 8 jari.

*  Keyboard Alphabetik Tata  letak  tombol  disusun  persis  seperti  pada keyboard  QWERTY  maupun  Dvorak,  tetapi  susunan hurufnya diletakkan berurutan sesuai dengan urutan huruf alphabet.

*  Keyboard Numeric untuk memasukkan bilangan dalam jumlah besar, orang lebih suka menggunakan tombol numerik yang tata letak tombol-tombolnya dapat dijangkau dengan tangan.

-           Mouse, adalah alat yang digunakan untuk memindahkan posisi pointer  pada  layar  monitor  dengan  praktis  dan  cepat  dalam memberikan  perintah  ke dalam  komputer,  dengan cara meng-kliknya.

-           Scanner, adalah sebuah peralatan input yang digunakan untuk meninputkan data berupa hardware dan mengubahnya menjadi data digital.

-           Microphone, adalah sebuah alat input yang digunakan untuk menginputkan  data berupa suara yang dapat disimpan atau langsung dikeluarkan melalui speaker. Berdasarkan Teknologi atau Teknik Konversinya dari Energi  Akustik (Suara)  menjadi Energi Listrik.

-           Trackball, digunakan untuk memasukkan perintah pada saat menjalankan game komputer. Bentuk trackball dilengkapi dengan tombol berupa bola yang berukuran besar sehingga mudah digerakkan saat bermain game.

2.2        Peripheral Keluaran (Output) adalah  sebuah  perangkat  yang  digunakan  untuk menyampaikan informasi kepada penggunanya setelah dilakukan proses terhadap data/perintah yang diinputkan oleh user.

Contoh dari perangkat peripheral output yaitu :

-           Monitor, adalah peripheral komputer yang digunakan untuk menampilkan data yang sedang diproses oleh sistem komputer yang selanjutnya ditampilkan kepada user.

Berikut adalah jenis-jenis dari monitor :

*  Monitor CRT (Chatoda Ray Tube), merupakan monitor yang menggunakan media tabung sinar katoda, dimana monitor ini dibuat menggunakan tabung hampa untuk layarnya. Cara kerja monitor CRT yaitu dengan memancarkan sinar elektron ke  sebuah  titik-titik kecil  di  layar. Sinar tersebut menampilkan sisi terang jika diperkuat,  sedangkan  untuk diperlemah untuk sisi yang gelap. Namun monitor CRT ini berukuran cukup besar membuat tempat diletakkannya monitor tersebut haruslah luas.

*  Monitor LCD (Liquid Crystal Display), menggunakan media cairan kristal. Cara Kerja Monitor LCD itu dengan cara memancarkan sinar melalui kristal cair, yang kemudian dipancarkan secara elektrik sehingga  membentuk  sebuah panel-panel kecil yang datar. Monitor LCD menggunakan teknologi Flat Panel Display serta memiliki resolusi layar lebih tinggi daripada monitor CRT.

*  Monitor  LED  (Light  Emitting  Diode),  bentuknya  hampir sama dengan monitor LCD hanya saja lebih ramping. Monitor  LED memunculkan sebuah tampilan pada layar menggunakan emisi cahaya. Monitor LED menggunakan teknologi LED backlight. LED lebih efisien mengeluarkan cahaya. Jenis monitor ini lebih hemat dalam konsumsi daya listrik daripada monitor LCD dan tentu dengan harga yang lebih mahal.

*  Monitor Plasma, merupakan monitor yang menggunakan gas neon atau xenon yang diletakkan diantara dua lapisan plat kaca. Pada lapisan gas di aliri listrik yang memberi reaksi berupa penciptaan pixel. Kualitas gambar lebih baik karena pembuatan gambar dilakukkan secara langsung tanpa harus diuraikan terlebih dahulu.

-           Printer, adalah peripheral output yang digunakan untuk menampilkan  atau mencetak keluaran dari proses komputer (grafik/tulisan) dalam bentuk lembaran atau kertas.

-           Headphone, adalah alat yang berfungsi seperti speaker, hanya saja  ini  lebih  ke  individu,  karena  di  pasangkan  di  kepala seseorang.

-           VGA Card, adalah perangkat keras yang digunakan untuk menampilkan data dari komputer agar dapat ditampilkan ke user.

-           Sound Card,  adalah  perangkat  yang  digunakan  untuk menampilkan data dari komputer dalam agar dapat ditampilkan ke user melalui speaker atau perangkat yang tersedia.

2.3        Peripheral Proses atau Penyimpanan adalah sebuah perangkat tambahan komputer yang digunakan sebagai media penyimpanan data.

Contoh dari perangkat peripheral proses yaitu :

-           Harddisk Eksternal, adalah perangkat media penyimpanan data yang portable dengan kapasitas penyimpanan yang besar, hingga mencapai satuan TeraByte.

-           Flashdisk, adalah sebuah perangkat media penyimpanan portable yang hampir sama dengan harddisk eksternal, namun dengan kapasitas penyimpanan yang lebih kecil daripada harddisk eksternal.

B. DAMPAK EFEK PERKEMBANGAN KE PERIPHERAL

1.    Dampak Positif.

1.1        Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui internet.

1.2        Kita dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan menggunakan seluler/handphone.

1.3        Kita mendapatkan layanan bank dengan sangat mudah.

2.     Dampak Negatif.

2.1        Penyalahgunaan jasa informasi dan komunikasi oleh orang-orang tertentu untuk tujuan yang merugikan orang lain.

2.2        Kecemasan skala kecil. Akibat teknologi seperti komputer. Kerusakan komputer karena terserang virus, menyebabkan kehilangan berbagai data penting dalam komputer yang akhirnya membuat sipengguna menjadi stres. inilah beberapa contoh kasus yang terjadi karena teknologi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKNOLOGI WEB

Aljabar Boolean dan Gerbang Logika